Halaman

Kamis, 04 Maret 2010

Kampanye Sosial - "Sikapnya, Cerminan Sikap Kita"


  Hmmmm....Bismilah...pertama kali saya membuat pernyataan, maupun semua aktifitas yang akan saya lakukan. Ini sebuah peryataan dari sebuah karya tulis saya, tepatnya Tugas Akhir : Dengan ini saya menyatakan bahwa Pengantar Karya Tugas Akhir yang brjudul "Kampanye Sosial - Peranan Orang Tua Sebagai Sahabat Komunikasi Bagi Anak Di Masa Remaja (13-16 Tahun)" ini beserta isinya dan seluruh karya seni dan desain yang saya buat adalah benar-benar karya saya sendiri, dan saya tidak melakukan penjiplakan atau pengutipan baik seluruh maupun sebagian, dengan cara-cara yang tidak sesuai dengan etika keilmuan yang berlaku dalam masyarakat akademik.
  Atas pernyataan ini, saya siap menanggung resiko / sanksi yang dijatuhkan kepada saya, apabila kemudian adanya pelanggaran terhadap etika keilmuan dalam karya saya ini, atau klaim dari pihak lain terhadap keaslian karya saya ini. (Bandung, 20 Juni 2009). Demikian diatas sebuah peryataan yang saya tulis, dan selanjutnya lembar lain yang menumpuk menambah halaman dibatasi oleh bab-bab berikutnya.
   Hmmmm...semua ini dilalui tidak gampang, rasa deg-deg'an, lupa makan, tiba-tiba pengen buang air kecil, tertawa seakan dipaksa...huuu....gilaaaaaaa!!!Tapi, saya tidak akan menyerah dengan semua ini, ini tanggung jawab saya, ini resiko saya.

  Jujur...karya ini saya buat dengan diawali perasaan hati saya sejak itu, dan mungkin sampai sekarang...saya sangat yakin bahwa karya saya tidak semata-mata sebuah aksi propaganda yang tidak bertanggung jawab atas apa yang saya buat. Saya yakin semua orang butuh tahu yang saya rasakan sekaligus yang mereka rasakan pula...terutama alam lingkup sebuah komunikasi psikologis keluarga yang selanjutnya kita semua berhadapan dengan orang banyak....masyarakat, orang lain diluar keluarga.
   Karya saya berupa Kampanye Sosial, atau bisa disebut juga Iklan Layanan Masyarakat (ILM)...Karya utama saya berupa poster,
print-ad, dan media lainnya kecuali media elektonik (TvC). Strategi saya melalui visual bebicara tentang sebuah sikap timbal balik antara orang tua dengan anaknya. Sehingga menghasilkan sebuah Konsep Verbal, "Sikapnya, Cerminan Sikap Kita" (headline), yang memiliki arti pesan bahwa suatu sikap anak khususnya usia rmaja bisa menghargai dan memahami jika diawali dari orang tua yang bisa mengajarkan sikap menghargai, den memahami anaknya. Tagline ini khususnya lebih ditujukan kepada orang tua, dimana pesan yang disampaikan merupakan pembelajaran buat para orang tua sekligus juga bgi anak remaja khususnya demi trujud sebuah komunikasi yang baik dan tercipta hububngan yang harmonis dalam sebuah keluarga. Yang kemudian mnghailkan sebuah Teks Body Copy "Pentingnya sikap saling menghargai dan memahami antara orang tua dengan anak di masa remaja, dapat menciptakan sebuah komunikasi yang baik.
   Konsep visual yang terdiri dari Logo, Ilustrasi, Warna, dan Tifografi. Pertama konsep dari logo, "
i love u, nak..."yang kemudian digabungkan antara simbol hati dengan tagline mnjadi sebuah logo. Simbol hati, simbol kasih sayang yang sudah lazim pada umumnya berupaya menjadi sebuah strategi yang mudah dicerna oleh khalayak / masyarakat. Kata "i love u" diambil dalam Bahasa Inggris yang artinya "aku sayang kamu" dan kata "nak" diambil dari kependekan kata "anak", yang merupakan ungkapan atau kejelasan objek secara langsung, juga lebih akrabnya mrupakan sebuah kata panggilan.. Jadi, arti dari logo tersebut yaitu dimaksudkan untuk menggugah para orang tua selalu berusaha menjadi yang terbaik untuk anaknya dan selalu bisa menyayangi anaknya. Kenapa memakai kata Bahasa Inggris???ini bukan masalah, karena "i love you" sudah menjadi suatu bahasa ataupun ucapan yang lazim, bisa dimengrti sehari-hari seperti Bahasa Indonesia pada umumnya, atau sudah terbiasa. Sehingga orang yang tidak berpendidikan tinggi dan tidak bisa Bahasa Inggris pun meraka tahu apa arti dari kata "i love you". Sekarang masuk pada konsep ilustrasi, ilustrasi merupakan kebutuhan visual yang mendasar dalam suatu bentuk penyampaian pesan yang dimaksukan. Dengan ilustrasi orang bisa diajak berpikir, dan memudahkan dalam pengertian pesan yang dimaksudkan. Teknik ilustrasi yang dipakai melalui tahp sktsa atau coretan gambar yang kemudian dieksekusi melalui alat digital kamera dan diolah di komputer.
   Untuk konsep warna, yang digunakan dalam visual lebih pada warna yang gelap, kuning kehijauan (unsur natural), coklat (original) dan terkesan lebih hangat. Sehingga, perpaduan warna tersebut mendukung visual foto lbih trkesan hidup dan terkesan dramatis. Sedangkan pada tamplate diambl dari warna logo Pemerintah Kota Bandung yaitu kuning kehijauan. Konsep tipografi yang saya pakai memiliki sifat kokoh, jelas dan pengunaan karakter
bold untuk kemudahan membaca dan kembali pada kesan yang kuat dan lebih stand-out, huuf yang digunakan "Segou UI (bold italic)" dan "Franklin Gothic Demi (bold)".
Gaya visual dari keseluruhan mulai dari foto yang ditambahkan
template miring dengan warna berbeda dan penambahan objek sebuah krtas sebagai bidang tulis bodyteks membentuk sebuah komposisi yang lebih modern, tidak kaku.
   huuuuu...cukup sekian deh yang saya tuangkan...masih banyak lagi yang perlu dibahas sebenarnya..tapi disini bukan saatnya saya menulis karya tulis lagi...hheu^^. Saya masih belum puas terhadap karya saya..masih banyak kekurangannya..dan masih perlu banyak belajar...belajar..belajar lagi!!!disini, di blog ini khususnya tempat dimana kita saling berbagi ilmu satu sama lain..maaf, bila ada kata yang tidak baik...trus kalo ada yang perlu ditanyakan silahkan komen saja..dan saya akan jawab semampu saya...dan say ajuga perlu kalian..kita saling berbagi saja ya...hheu^^.


4 komentar:

Unknown mengatakan...

apa yang dilakukan oleh ortu..adalah apa yang akan dilakukan oleh anak...

anak = ortu ,ortu = anak

sayangilah anak kita sebagaimana kita ingin disayangi..hargailah semua pendapat dia..karena sekaya apapun kita...sehebat apapun kita tapi kalau kita ga bisa membuat anak kita jauh lebih baik dari kita = bull shit..!!

dan yang harus diingat..apa yang ingin dilakukan oleh anak kita belum tentu diinginkan oleh kita..dan tentu saja sebaliknya..apa yang diinginkan kita belum tentu adalah keinginan anak kita..
redam ego,karena masa depan anak kita ada di tangan kita sendiri...

ayo dukung saya..
ketik githa kirim ke 7767
wkwkwkwk.....

piss ah...

My Imagination mengatakan...

hahahahha....
aku terharu mba....
mbaqu sing paling ayu..
makasih ya^^....

REACH mba!!!
Respect
Emphaty
Audible
Clarity
Humble

okeh,
ketik reg spasi githa
kirim ke 14045..whaaaahhaaa..

Unknown mengatakan...

jiahhh kok 14045 yaaaa..bukannya itu nomenya MCD delivery...apaaaaaaaaaaaaaa...!!!
*sinetron mode on
wkwkwk....

My Imagination mengatakan...

hihiii....(sambil pegang perut...)